oleh

Wamenag Lepas 360 Calhaj Kloter 1 Embarkasi Solo ke Tanah Suci

INDONNESIANEWS (Boyolali)–Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki, melepas sebanyak 360 calon haji (calhaj) kloter 1, Embarkasi Solo, asal Temanggung, Jawa Tengah, menuju Tanah Suci pada Minggu (12-5-2024) pagi.

Calhaj asal Temanggung mulai memasuki gedung Muzdalifah Minggu sekitar pukul 05.20 WIB. Sebelum masuk, mereka diarahkan untuk mengeluarkan korek api, rokok, silet, gunting, benda cair lebih dari 100 mililiter,0 dan lainnya yang dilarang di dalam kabin untuk dikumpulkan ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Calhaj kemudian diperiksa oleh petugas Bandara Adi Soemarmo yang berada di pintu masuk Gedung Muzdalifah sebelum dilepas.

Turut hadir dalam pelepasan selain Wamenag Saiful Rahmat, yakni Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Tengah Musta’in Ahmad, dan Camat Ngemplak Ari Wahyu Prabowo.

Wamen Saiful Rahmat Dasuki dalam sambutannya berpesan kepada jemaah calon haji untuk menjaga ibadah dan kesehatannya selama beribadah haji.

“Ibadah haji ini adalah ibadah fisik. Maka saya berharap, jangan terlalu memforsir, memaksa, untuk melakukan hal yang tidak terlalu penting atau yang tidak menjadi keabsahan rukun haji,” pesannya kepada calon haji dalam sambutan.

Ia juga mengingatkan kepada para calon haji bahwa terdapat perbedaan cuaca antara Arab Saudi dan Indonesia.

Terlebih, jemaah calhaj kloter 1 Embarkasi Solo berasal dari daerah yang sejuk yaitu Temanggung.

“Nanti bapak-ibu berada di daerah yang cukup panas. Diperkirakan suhu bisa mencapai 40-50 derajat Celsius. Sehingga, saya harap bapak ibu menjaga kesehatan dan kekuatan fisik. Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak penting terlalu penting atau yang tidak menjadi keabsahan rukun haji,” pesannya kepada calon haji dalam sambutan.

Sebagai informasi, Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali pada musim haji 2024 ini akan memberangkatkan total 35.977 calon haji yang berasal dari dua provinsi yakni Jawa Tengah dan DIY. Jemaah calon haji itu akan berangkat dalam 100 kloter. Sebanyak 30% dari jemaah haji merupakan lansia.