oleh

Solo Great Sale 2024 Resmi di Buka, di Meriahkan Kirab 41 Gunungan

INDONNESIANEWS (Solo)–Solo Great Sale (SGS) resmi dibuka, di perempatan Ngarsopuro, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (5–5-2024.

Acara itu dimeriahkan 41 gunungan, yang diakhir acara diperkebunan kepada masyarakat yang pada kesempatan sama tengah menikmati Car Free Day (CFD).

Hadir dalam pembukaan SGS 2024 itu antara lain Sekretaris Kementerian Investasi Ikmal Lukman, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Arsjad Rasjid.

Ketua Kadin Kota Solo, Ferry Septha Indrianto, menjelaskan SGS adalah acara tahunan yang digelar Kadin dan Pemkot Solo. Acara tahunan itu memasuki tahun ke-10. “SGS bukan hanya event biasa namun semangat kolektif membangun platform dunia usaha Soloraya,” papar dia.

Dia mengklaim 17 titik prioritas pembangunan Kota Solo berdampak positif bagi masyarakat. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyiapkan Kota Solo menjadi kota metropolitan baru dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

“Kami menambah kontekstual baru tentang investasi di Soloraya melalui SGS tahun ini. Kami mendorong pertumbuhan ekonomi di Soloraya. Kami menggandeng Kementerian Investasi,” jelas dia.

Menurut dia, SGS 2024 berlangsung bersamaan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Solo, Rabu-Sabtu (15-18/5/2024). Dekranas harus tahu mengenai ekosistem Kadin.

SGS tahun ini, kami fokus pada transaksi pariwisata, budaya, dan festival,” jelas dia.

Arsjad Rasjid menjelaskan Kadin berkomitmen dalam mengembangkan dunia usaha dan peluang investasi daerah melalui SGS. Penyelenggara SGS selalu mencapai target nilai transaksi setiap tahun.

“Saya berharap SGS dapat memgembangkan potensi dserah, mengembangkan nilai investasi, dan terwujudnya aglomerasi, dan pertumbuhan dunia usaha dan umkm Solo. kami mendorong kota/kabupaten daerah mengembangkan ekonomi berbasis daerah,” tuturnya.

Pembukaan SGS ditandai dengan munculnya pasukan prajurit Keraton Surakarta, disusul 4 Punokawan, lalu abdi dalem yang membawa gunungan makanan dan sayur mayur, di tutup sejumlah wanita cantik yang juga berpakaian ala Keraton Surakarta.

Gunungan terselubung bendera merah putih itu lalu diletakkan diatas panggung. Pembukaan SGS 2024 ditandai pembukaan selubung merah putih oleh Steakholdee yang didalam terdapat makanan dan sayur mayur. Gunungan tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat di area CFD Jalan Slamet Riyadi Solo.

Usai dilanjutkan melepaskan ratusan burung emprit dari kandang juga masih oleh para stakeholder.

Usai dari arah barat muncill puluhan peserta kirab gunungan SGS yang diikuti sejumlah instansi, perhotelan dan lainnya’.

Pada akhirnya gunungan tersebut habis direbut warga setelah melewati panggung kehormatan. Suasanapun menjadi riuh rendah oleh mereka yang berebut. (Oe)