oleh

Tersedia 6.000 Lowongan, Job Fair di GBK Klaten Diserbu Masyarakat

INDONNESIANEWS (Klaten)–Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), mengadakan acara Job Fair dikemas dalam Klaten 4.0 industry and career expo. Tersedia kurang lebih 6.000 lowongan pekerjaan dan langsung diserbu oleh masyarakat Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani secara langsung membuka acara tersebut ditandai dengan pemotongan untaian melati, Kamis (19/10/2023) di Grha Bung Karno Klaten.

“Alhamdulillah saya resmikan Klaten job fair dan pameran Industri Kecil dan Menengah (IKM). Peminatnya bagus dan banyak, semoga nanti selama dua hari (19-20/10/2023) pelaksanaan bisa dimanfaatkan oleh anak-anak pelajar (pencari kerja) karena banyak lowongan lapangan pekerjaan, karena ada sekitar kurang lebih enam ribu lowongan,” terang Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyampaikan selain job fair juga menjadi wadah bagi IKM untuk sarana promosi dan bisa dimanfaatkan bagi pelaku usaha.

Turut hadir Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sekda Klaten, Asisten, Kepala Disperinaker Provinsia Jateng, Kepala OPD, Camat, masyarakat Kabupaten Klaten, pelajar SMA/SMK, pencari kerja dan tamu undangan.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), Luciana Rina Damayanti melaporkan angka pengangguran di Kabupaten Klaten sejumlah 28,5 ribu jiwa dan data bulan Januari hingga Agustus 2023 sejumlah 3.450 pencari kerja yang terdaftar dalam aplikasi SIKENDI (Sistem Informasi Ketenagakerjaan dan Industri).

“Sehingga dengan momen Sumpah Pemuda yang ke-95, Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Disperinaker dengan menggelar job fair Klaten 4.0 industry and career expo serta gelar IKM setelah pandemic covid-19. Job fair ini untuk sarana mempertemukan, sarana promosi untuk peluang binis IKM di Klaten.

Ia menyampaikan acara job fair akan dilaksanakan dua hari (19-20/10/2023), dibuka mulai jam 09.00 WIB- 22.00 WIB. Ia juga memaparkan job fair diikuti sejumlah 130 peserta dengan rincian 50 stand pekerjaan (job fair) dan 80 stand IKM. “Ada sekitar 6.563 lowongan dengan posisi jabatan mulai tenaga penjualan, tata busana, kepemimpinan, teknisi, dan masih banyak lagi,” jelas Rina.

Ia menjelaskan acara Klaten 4.0 industry and career expo juga akan ada hiburan dari local Klaten dan luar daerah yakni Ngatmombilung dan Jogja Hip Hop Foundation.

Terakhir, acara dilanjutkan dengan launching Unit Layanan Disabilitas (ULD) dan Bisnis Industri Center (BIC) oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono. (*/Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *