oleh

Sebanyak 50 Siswa Siswi SD Islam Terpadu Nur Hidayah Ikuti Kegiatan Munaqosyah Al-Qur’an

INDONNESIANEWS (Solo)–Hari Senin (16/10/2023) Tim guru Al-Qur’an SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengadakan kegiatan Munaqosyah Al-Qur’an. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan ujian yang dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan semua tahapan pembelajaran Al-Qur’an di sekolah.

Ada 50 siswa terpilih dari kelas 4 sampai kelas 6 yang mengikuti kegiatan tersebut. Sebelum munaqosyah ini dilaksanakan, para guru telah memantau terlebih dahulu beberapa siswa. Siswa yang capaian pembelajarannya sudah memenuhi syarat maka dia layak masuk program munaqosyah. Adapun materi yang diujikan dalam munaqosyah tahun ini adalah bacaan Al Qur’an secara tartil dan kefashihannya, hafalan surat juz 30.

Meski suasana munaqosyah terlihat menegangkan, tapi tidak membuat para siswa peserta munaqosyah ketakutan. _”Aku gak takut ujian ini, kan ini hanya dicek ya. Sama seperti ustadzku juga sering ngecek.”_ Ungkap Althaf salah satu siswa kelas 6.

Darus Salam, S.Pd selaku Koordinator Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nur Hidayah menuturkan, _”Munaqosyah Al-Qur’an tahun ini adalah sebuah evaluasi dari tahapan pembelajaran Al-Qur’an di sekolah. Sebagai guru, kita wajib tahu sejauh mana kemampuan anak didik kita dalam menangkap atau mempraktekkan bacaan yang kita ajarkan, salah satunya dengan dievaluasi bacaannya secara langsung seperti ini. Oleh sebab itu, besar harapan kami agar di tahun tahun berikutnya para siswa betul-betul disiapkan agar terampil dan kefashihannya dalam membaca Al-Qur’an bisa kita rasakan, sehingga muncullah alumni alumni dari sekolah ini yang mereka tidak hanya sekedar bisa membaca Al-Qur’an, tapi bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwid dan makhrajnya.”_ (*/Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *