oleh

Tim Robotik SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta Adakan Pembelajaran bersama KMTE ROBOT UMS

INDONNESIANEWS (Solo)-Tim robotik SD Islam Terpadu Nur Hidayah merupakan salah satu ekstrakurikuler untuk mewadahi kreativitas para siswa. Guna meningkatkan pengalaman tentang robot, Sabtu (30/09) tim robotik melaksanakan kegiatan pembelajaran di KMTE ROBOT UMS.

Kegiatan ekstrakurikuler tatap muka di SD IT Nur Hidayah yang sempat _vacum_ selama pandemi, kini kembali bergeliat. Berbagai kegiatan sebagai wahana menyalurkan bakat ini tentu dirindukan oleh semua siswa. Karena itu perlahan tapi pasti kegiatan berupa _outing class_ menjadi salah satu yang ditunggu.

Pagi ini misalnya, sekolah dengan motto ‘Terdepan dalam Kebaikan’ ini menambah wawasan tentang robot di KMTE ROBOT RESEARCH FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO UMS Surakarta. Didampingi oleh 3 guru robotik, para siswa belajar mengoperasikan robot pengikut garis langsung dari para mahasiswa UMS yang tergabung dalam UKM tersebut.

Robot-robot pengikut garis ini dijalankan dengan menggunakan energi batu baterai. Robot tersebut dioperasikan untuk melalui lintasan yang disediakan sesuai pemrograman. Meski dengan waktu terbatas, anak-anak tetap antusias. Para siswa juga dijelaskan tentang berbagai fungsi robot di sekitar kita. Di akhir sesi, para siswa mendapat kenang-kenangan bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

“Hari ini aku senang bisa menjawab pertanyaan dari kakak-kakak dan bisa banyak belajar.” Ungkap Latifah N. Izza (4D) satu-satunya anak putri yang ikut robotik.

Tak hanya berkutat pada robot, para siswa juga melakukan tur kampus. Anak-anak diajak jalan-jalan untuk mengenal lingkungan kampus. Dengan harapan, anak-anak semakin memiliki keinginan kuat untuk terus belajar.

“Selama ini anak-anak belajar di sekolah bersama teman separalel saja. Tapi hari ini tiga paralel bergabung belajar bersama di luar nsekolah. Semoga menjadi salah satu pengalaman terbaik nbagi para siswa.” Papar Sutrisna pengampu ekstrakurikuler robotik.(*/Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *