oleh

H. Hartoyo : SOSIALISASI FATWA MUI SEBAGAI PANDUAN PRAKTIS UMAT ISLAM

INDONNESIANEWS (Klaten)–Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Klaten menyelenggarakan Sosialisasi Fatwa MUI Serta peran Pentingnya media dalam Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bertemakan ” Optimalisasi Fatwa MUI Sebagai Pedoman praktis dalam kehidupan serta peran media di masyarakat” yang digelar di Joglo Kampung Tegalmulyo Kelurahan Gergunung Kecamatan Klaten Utara Klaten, Sabtu (30-9-2023).

Ketua Umum MUI Klaten KH. Hartoyo saat dihubungi sejumlah media mengatakan bahwa melalui sosialisasi ini MUI berikhtiar agar fatwa- fatwa MUI yang ada dapat diakrabi, dipelajari, dipahami dan dijalankan sebagai panduan dan pedoman praktis dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan berbegara.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini kita berikhtiar agar fatwa-fatwa MUI senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami dan dijalankan agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami fatwa-fatwa tersebut sebagai pedoman hidup kita selain Al-Quran dan Hadist. Hal ini sangat penting sebagai panduan praktis dan pegangan terutama bagi umat islam dalam beragama, bermasyarakat dan bernegara,” kata Hartoyo.

Dikatakan melalui sosialisadi fatwa-fatwa MUI ini pihaknya juga berharap semua pihak terkait dapat bersinergi mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat dengan berpedoman pada kaidah agama yang benar melalui fatwa-fatwa yang telah ada.

“Kami berharap semua pihak yang terkait dapat bersinergi mengatasi permasalahan yang ada seperti soal memilih pemimpin, soal etika bermedia sosial, soal pemilu, soal menggunakan hak pilih, soal golput dan kemasyarakatan lainnya serta mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum untuk makin giat mengaplikasikan fatwa fatwa MUI dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian kita berharap akan lahir generasi yang akan mampu menerjemahkan islam sebagai Rahmatan Lil’alamin,” katanya.

Sementara itu Ketua Komisi Komunikasi dan Informasi MUI Klaten H.Moch.Isnaeni kepada media menyampaikan bahwa urgensi diselenggaramannya sosialisasi fatwa-fatwa MUI dan peran media ini dimaksudkan agar umat islam memiliki panduan praktis dalam menjalankan agamanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Fatwa-fatwa MUI itu sangat bermanfaat sebagai bagian dari ikhtiar kita memberikan panduan praktis dalam menjalankan agamanya” katanya.

Sosialisasi fatwa-fatwa MUI dan peran media ini mengambil nara sumber KH. Jazuli Fadhil selaku Dewan penasihat MUI Klaten dan seorang journalis Media Indonesia ( MI ) Djoko Sardjono. (* /Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *