oleh

Keren Desa Kismoyoso Di Tetapkan Kampung PKK BERKELAS Pemanfaatan Pekarangan Berbasis Desa Tahun 2023, PKK Kabupaten Boyolali

INDONNESIANEWS (Boyolali)–Desa Kismoyoso, Kecamatan, Ngemplak, Boyolali, di tetapkan sebagai Kampung PKK BERKELAS, Pemanfaatan Pekarangan Berbasis Desa Tahun 2023, PKK Kabupaten Boyolali.

Penetapan tersebut karena desa Kismoyoso, dianggap berhasil dalam memanfaatkan pekarangan menjadi Kebun Gizi, yang manfaatnya bisa dirasakan bagi masyarakat sekitar khususnya. Hal tersebut disampaikan Sekretaris TP PKK Kabupaten Boyolali, Herita Totok Eko YP, dalam kegiatan Pembinaan Kampung PKK Berkelas, di ruang pertemuan desa Kismoyo, Selasa (26-9-2023).

Sebelumnya pukul 09.00 WIB, rombongan TP PKK Kabupaten Boyolali, yang berjumlah 7 orang dipimpin Herita, tiba di lokasi pertama Kebun Gizi Bayam, dukuh Krikilan RT 04 RW 02, Kismoyoso. Kedatangan rombongan disambut musik Hadroh.

Hadir dalam acara itu Camat Ngemplak Ari Wahyu Prabowo, Ketua TP PKK Kecamatan Ngemplak Noorliani Rustati, S.STP, Kades Kismoyoso Siyamto, dan pengurus TP PKK Kecamatan Ngemplak dan lainnya.

Selain disambut musik Hadroh, ada juga penampilan paduan suara ibu-ibu TP PKK setempat, yang cukup menghibur semua yang hadir diacara itu.

Tidak lama kemudian tim TP PKK didampingi tim PKK Kecamatan Ngemplak, melihat-lihat kondisi Kebun Gizi Bayam. Meskipun itu bukan kunjungan pertama namun Tim PKK Boyolali terlihat cukup antusias dengan kondisi Kebun Gizi yang berisi berbagai jenis tanaman sayur mayur, dan kolam ikan lele kecil.

Yang baru dari Kebun Gizi, itu yakni dengan adanya pos bacaan anak yang ada di sisi timur Kebun gizi. Mirip pos ronda hanya saja ada buku-buku cerita anak yang ada di rak buku yang menempel di dinding pos.

Tim PKK Boyolali, camat Ngemplak, TP PKK Kecamatan dan lainnya terlihat cukup “surprise” dengan keberadaan pos ukuran 3×4 meter tersebut, dan sempat duduk-duduk sejenak sampai foto bersama ditempat tersebut.

Menurut Heryta dengan keberadaan pos bacaan anak itu untuk menambah pengetahuan anak dan juga menumbuhkan kecintaan anak terhadap tanaman sayur mayur dan lainnya’ sejak usia dini. “Supaya anak-anak juga bisa merasakan manfaat Kebun gizi dan mencintai tanaman sejak dini,” ujarnya.

Tidak cukup hanya melihat-lihat Tim PKK Kabupaten Boyolali dan semua yang hadir, oleh tuan rumah, disuguhi makanan yang bersumber dari Kebun Gizi, ada lele goreng, ayam goreng, tumis kacang panjang, pare sampai sambal yang bahan cabainya dipetik langsung dari Kebun Gizi Bayam.

Setelah sekitar 1 jam Tim PKK Boyolali dan rombongan Tim PKK Ngemplak, menuju lokasi peninjauan Kebun Gizi ke 2 yang ada di dukuh Tegalan, RT 03 RW 01 Kismoyoso.

Menariknya begitu Tim PKK Boyolali dan Kecamatan Ngemplak tiba di pintu jalan menuju dukuh Tegalan, langsung disambut kesenian Reog Buto Gedruk dan kuda kepang yang dibawakan bapak-bapak warga setempat yang menuntun hingga tiba di lokasi Kebun Gizi Sawi PKK Sentosa Makmur dan Rumah Sehat.

Sama seperti di lokasi pertama, Tim PKK Boyolali dan Kecamatan Ngemplak kemudian melihat-lihat kondisi berbagai jenis tanaman yang ada di Kebun Gizi seluas 400 meter persegi tersebut.

Dari tempat itu rombongan menuju Rumah Sehat yang hanya bersebelahan di sisi timur jalan. Tim PKK Boyolali dan Kecamatan Ngemplak juga menikmati berbagai kudapan hasil Kebun Gizi dan dawet yang dibuat sendiri oleh warga dukuh Tegalan RT 03 RW 01.

“Monggo Bapak-bapak di nikmati hidangan Ndeso, semua hasil dari Kebun Gizi. Ada juga nasi berkah (nasi dan sayur dibungkus daun jati) khas dukuh Tegalan,” ujar seorang pembaca acara saat mempersilahkan “tamunya” untuk menikmati makanan dan minuman yang telah disiapkan.

Dari tempat itu, menggunakan sejumlah mobil, Tim PKK Boyolali dan Kecamatan Ngemplak bergeser ke lokasi peninjauan terakhir yakni Kebun Gizi PKK Lembayung dukuh Tambas RT 03 RW 07 Kismoyoso.

Ditempat ini sama Tim PKK Boyolali didampingi Tim PKK Kecamatan Ngemplak, melihat-lihat apa saja tanaman yang diusahakan ditempat itu. Tim PKK Kabupaten Boyolali terlihat cukup kagum melihat “koleksi” sayur mayur yang tampak tumbuh subur meskipun di usahakan ditengah musim kemarau panjang yang menyebabkan keringnya sungai kecil yang ada disisi Utara Kebun Gizi.

Sekitar 45 menit ditempat itu, rombongan gabungan Tim PKK Kabupaten Boyolali dan Kecamatan Ngemplak, meninggalkan lokasi menuju Kantor desa Kismoyoso, yang hanya berjarak 1 kilometer.

Agenda terakhir Tim PKK Kabupaten Boyolali di tempat itu yakni Pembinaan Kampung PKK Berkelas Desa Kismoyoso.

Menurut Camat Ngemplak Ari Wahyu Prabowo, untuk desa berkelas Kebun Gizi, di Kecamatan Ngemplak, di wakili desa Kismoyoso

Luar biasanya kata dia, di Kismoyoso ada 3 lokasi Kebun Gizi yang dinilai dan dikunjungi oleh Tim PKK Kabupaten Boyolali. “Kalau di Kecamatan lain mungkin cuma ada 1 yang di kunjungi, kita disini ada 3. Ini wujud antusiasmenya masyarakat dalam pembedayaan dan mensupport berbagai kegiatan Kebun Gizi ini,” ujarnya.

Ditambahkan penetapan desa Kismoyoso mewakili desa di Kecamatan Ngemplak sebagai Desa Berkelas dengan berbagai pertimbangan seperti implementasi 10 program pokok PKK. Karakteristik dari desa berkelas ini adalah pelaksanaan program kerja yang 10 Program pokok PKK. “Penunjukkan oleh Tim dari Kecamatan dengan ukuran-ukuran yang ditetapkan,” tuturnya.

Sementara itu menurut Kades Kismoyoso Siyamto, saat ini tercatat ada 20 Kebun gizi yang tersebar di berbagai dukuh yang ada di desa Kismoyoso.”Dan mudah-mudahan ke depan ada 41 RT mudah-mudahan terbentuk kebun gizi sebanyak 41 RT,” ujarnya.

Ditambahkan masih adanya dusun-dusun yang belum membuat Kebun Gizi, dengan penetapan Kismoyo sebagai Kampung PKK Berkelas, Pemanfaatan Pekarangan Berbasis Desa Tahun 2023, PKK Kabupaten Boyolali, semoga bisa segera juga membuat Kebun Gizi.”Kami harapkan kedepan untuk warga yang belum membuat Kebun Gizi khususnya Kadus-kadus yang belum ada. Kadus 2 yang belum ada kebun gizi monggo bersama-sama membuat kebun gizi,” paparnya.(Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *