oleh

Bupati Klaten Buka Musrenbang RKPD 2024

INDONNESIANEWS (Klaten)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Klaten menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) Kabupaten Klaten tahun 2024. Musyawarah tersebut digelar di Grha Bung Karno, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan musrenbang digelar dengan tujuan untuk menetapkan rencana kegiatan pembangunan dan para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di lingkup kabupaten.

Ia memaparkan prioritas pembangunan tahun 2024 antara lain menciptakan lapangan kerja dan penguatan daya saing ekonomi, pengembangan SDM dan pengurangan kemiskinan, penguatan sarana prasarana wilayah yang berkualitas, penguatan tata kelola pemerintah yang baik yang kondusifitas wilayah dan pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesiapsiagaan bencana.

“Kegiatan ini juga untuk mempertajam indikator, target kinerja program serta lokasi kegiatan sesuai dengan tupoksi OPD masing-masing yang akan dituangkan dalam renja OPD Tahun 2024. Untuk itu, dibutuhkan keseriusan bapak dan ibu semuanya serta komitmen dari masing-masing OPD agar apa yang direncanakan dapat tercapai dengan baik sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Klaten,” tuturnya.

Sri Mulyani menambahkan berdasarkan data dari Bappeda Litbang Kabupaten Klaten, kinerja pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Klaten menunjukkan kinerja positif. Potensi makro ekonomi yang dimiliki oleh daerah sangat mendukung dalam pembentukan tingkat pendapatan masyarakat, jumlah penduduk, luas wilayah, dan mata pencaharian serta sumber daya daerah secara tidak langsung juga ikut berperan dalam pembentukan tingkat kesejahteraan masyarakat.

“APBD kita di tahun 2024 harus mendengarkan aduan, harapan masyarakat Klaten lewat Musrenbang tingkat kecamatan. Usulan prioritas harus didengarkan, dituangkan, direncanakan, dilaksanakan di tahun 2024,” tegasnya

Musrenbang tahun ini mengusung tema “Peningkatan Kemajuan Daerah Didukung Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi yang Berkelanjutan”. Dan diikuti peserta dari berbagai unsur masyarakat di Kabupaten Klaten.

Plt Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Klaten, Pandu Wirabangsa menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan rangkaian tahapan dari penyusunan dokumen RKPD. Ia menjelaskan tujuan Musrenbang ini adalah sebagai forum penyampaian kebijakan prioritas pembangunan daerah Kab. Klaten tahun 2024 untuk selanjutnya diberikan saran dan masukan serta membahas rancangan RKPD tahun 2024. (*/Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *