oleh

Lomba Karaoke “Kampung Girpasang” Klaten Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisata

INDONNESIANEWS (Klaten)–Untuk lebih mengenalkan Gerpasang sebagai destinasi wisata di Klaten kepada masyarakat luas, sebuah kegiatan bertajuk Lomba Karaoke Kampung Gerpasang di Gelar di lokasi Wisata Gerpasang Desa Tegalmulyo Kemalang Klaten Minggu (15-1-2022) kemarin.

Pertunjukan pentas musik tersebut di ikuti 16 peserta yang datang dari Solo Raya, Yogyakarta dan Semarang.

Lomba Karaoke yang di gelar oleh Aktivis Peduli Lingkungan Desa (AP-Lies) dan Jiwa Muda Indonesia (JMI) tersebut di mulai pukul 10.00. Di mulai sambutan dari Bupati Klaten Sri Mulyani yang di wakili Kepala Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif Purwanto.

Panitia menyerahkan Piala kepada Pemenang Lomba Karaoke Kampung Girpasang Minggu (15-1-2022). Foto Oedin

Menurut Purwanto sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Karaoke tersebut. Ia berharap dengan acara itu bisa mengangkat pariwisata di Gerpasang khususnya dan Klaten umumnya. Selain itu bisa meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. “Semoga bisa semakin mengangkat pariwisata di Gerpasang dan meningkatkan kesejahteraan warga”, ujarnya.

Sementara jalannya lomba, peserta harus membawakan lagu wajib berjudul Kampung Gerpasang dan lagu pilihan yang telah di tetapkan panitia.

Acara itu sendiri telah di mulai sejak Sabtu (14-1-2022) di mulai dengan babak penyisihan yang di ikuti 36 peserta. Dari 36 peserta tersebut terpilih 16 peserta yang masuk ke babak final Minggu.

Dari panggung kegiatan yang di buat di sisi utara Gerpasang Bunda Ratu yang datang dari Bogor bertindak sebagai pembawa acara atau MC Lomba Karaoke. Satu persatu ia memanggil peserta untuk tampil untuk membawakan lagu.

Salah seorang peserta Aqila Hafi Salsabila tampil mempesona dalam Lomba Karaoke Kampung Girpasang. Sayang meskipun tampil dengan suara emas remaja ABG tersebut belum berhasil sebagai Juara. Foto Ist

Salah satu peserta yakni Aqila Hafi Salsabila. Meskipun baru berusia 13 tahun, ABG yang baru mengenyam bangku SMP kelas 8 ini tampil memukau dengan suara yang apek. Dua lagu yang di bawakan masing-masing Kampung Gerpasang dan Sang Dewi sukses membuat penonton terpesona karena tidak hanya suara yang merdu tetapi dengan tarikan suara yang panjang.

Dari hasil penilaian dewan juri keluar sebagai juara yakni Juara 1 Devita, Juara 2 Seli dan juara 3 Ria. Selain itu Juara harapan 1 Rahma, juara harapan’ 2 Dunuk Herawati dan juara harapan 3 Supadi.

Atas kemenangannya para peserta tersebut berhak atas hadiah. Juara 1 berupa piala, piagam dan uang sebesar Rp 1 juta, juara 2 piala, piagam dan uang Rp 750 ribu dan juara 3 piala piagam dan uang Rp 500ribu. Untuk juara harapan 1 berupa piala, piagam dan uang Rp250, juara harapan 2, piala, piagam dan uang Rp 200 ribu dan Juara harapan 3 piala piagam dan uang 150ribu.

Sementara itu atas keberhasilannya sebagai juara Devita mengaku senang. Menurutnya bukan kali ini Ia meraih juara tetapi sudah beberapa kali, “Sudah sering juara dan pernah ikut kontes KDI di sebuah tv swasta”, ujarnya

Peserta lain Dunuk sebaliknya meskipun masih meraih juara harapan 2 tetapi Ia mengaku kecewa sebab merasa sudah tampil apik. “Saya biasanya selalu masuk juara 3 besar. Tapi Alhamdulillah masih dapat juara walau hanya harapan”, ujarnya.

Sementara itu menurut panitia Ratu Tuti atau yang biasa di sapa Bunda Ratu, kegiatan lomba karaoke tersebut di gelar dengan tujuan hanya untuk memajukan wisata Gerpasang. Karena setelah dilihat Gerpasang sangat bagus dan berhasil memenangkan juara 1 Wisata dataran tinggi Nasional 2022. Sehingga panitia memiliki inisiatif untuk menggelar lomba seperti lomba karaoke agar Gerpasang lebih buming lagi.

Sementara itu Ketua Panitia Agus Sunaryo alias Brewok mengatakan sebelum viral dengan jembatan penghubung terpanjang, dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Klaten, lokasi tersebut sangat memprihatinkan. Akses jalan menuju Gerpasang sisi utara hanya bisa di lalui melalui dasar sungai dengan kedalaman yang cukup curam.

Karena itu Ia bersyukur setelah kondisi Gerpasang saat ini telah berubah karena telah memiliki akses melalui jembatan, juga gondola hingga terkenal dan menjadi jujugan wisatawan lokal hingga mancanegara. ” Saya bersyukur apalagi saat ini meskipun baru 2 tahun tetapi Gerpasang berhasil Juara 1 Wisata dataran tinggi Nasional”, ujarnya.(Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *