oleh

Salurkan Hobi Pada Tempatnya, Satlantas Solo Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Sirkuit Balapan

INDONNESIANEWS (Solo)–Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo terus melakukan sosialisasi keselamatan lalu lintas. Upaya ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan sekaligus meminimalisir penggunaan knalpot brong yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Kali ini, Satlantas memberikan sosialisasi kepada penonton yang menyaksikan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) balap motor 2022 di sirkuit Stadion Manahan Solo pada Sabtu (12/11) sore. Dalam kesempatan itu, Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso langsung memberikan sosialisasi terkait aksi kebut-kebutan, balap liar hingga penggunaan knalpot brong di jalan raya.

“Jika ingin menyalurkan hobi balap liar, alangkah baiknya di sirkuit balap. Bukan di jalanan yang justru membahayakan diri dan pengguna jalan yang lain,” kata perwira menengah melati satu itu.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso memberikan sosialisasi kepada mekanik di paddock terkait modifikasi kendaraan spesifikasi balap agar tidak dogunakan di jalanan umum. Foto Bud

Menurutnya, adanya ajang balap motor di Kota Solo ini sangat positif. Mengingat, dapat menjadi wadah bagi para pebalap untuk menyalurkan hobi dan kemampuannya di tempat yang tepat.

Dalam kesempatan itu, Kasatlantas juga menyambangi paddock para peserta lomba balap. Dia berpesan, agar tidak memodifikasi kendaraan dengan spesifikasi balap untuk dipakai di jalan umum. Khususnya, memasang knalpot brong pada kendaraan untuk peruntukan jalan umum.

“Kalau seperti ini, gak papa. Untuk perlombaan. Spesifikasinya juga harus balap. Namun, jika dipakai di jalan umum tentu akan mengganggu pengguna kendaraan yang lain karena kebisingan kendaraan,” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Panitia, Santo Dwiatmono mengatakan, dalam perlombaan tersebut pihaknya membuka 27 kelas yang terbagi menjadi kelas open, pemula dan lokal.

Pihaknya juga sangat mendukung kebijakan dari pihak Kepolisian untuk mewadahi pebalap supaya tidak menyalurkan hobi kebut-kebutan di jalanan.

“Kami sangat mendukung sekali. Dengan adanya wadah perlombaan ini, tentu bisa menjadi penyalur hobi balapan sekaligus mencari bibit unggul di Kota Solo ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kasatlantas juga mendapat kesempatan untuk memberikan piala kepada para juara lomba. (Bud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *