oleh

Jelang Pilkades Kabupaten Karanganyar, Calon Kades Beradu Visi Misi dan Program Pembangunan

INDONNESIANEWS (Karanganyar)–Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 11 Desa di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah Rabu (9-11-2022) ini, Panitia Pilkades di masing-masing Desa tersebut menggelar Tahapan Pilkades berupa penyampaian Visi Misi dan Program Pembangunan oleh masing-masing calon kades Senin (7-11-2022) kemarin.

Seperti di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar, Senin siang bertempat di Balai Desa setempat mengundang 2 Calon Kades untuk menyampaikan Visi Misi dan Program Pembangunan. Yang menarik bahwa kedua calon kades tersebut merupakan pasangan suami-istri.

    Pasutri Calon Kades Desa Blulukan Colomadu Karanganyar Slamet Wiyono dan istrinya Asih Sukarsih. Foto Ist

Tampil pertama dalam acara itu calon Kades nomor urut 1 Slamet Wiyono. Di hadapan Panitia Pilkades dan pendukung dan masyarakat setempat Slamet Wiyono yang maju untuk periode ke 2 tersebut menyampaikan visi misi dan program pembangunannya apabila terpilih kembali.

Untuk visi menurut Slamet yakni terwujudnya masyarakat blulukan yang adil sejahtera, mandiri berbudaya dan tata kelola pemerintahan desa yang baik melalui kerja sama semua steakholder yang ada baik perangkat desa maupun kelembagaan yang ada dan juga seluruh lapisan masyarakat blulukan. Untuk mewujudkan blulukan yang Kuncoro semua harus terlibat dan semua harus terlibat untuk mewujudkannya.

Kedua melakukan kegiatan pemerataan pembangunan di 5 dusun yang ada di blulukan. Dalam rangka mencapai blulukan secara infrastruktur dan suprastruktur bisa di lakukan dengan sebaik-baiknya

Sementara untuk misi yakni akan meningkatkan pelayanan yg maksimal kepada seluruh masyarakat yang ada di blulukan dan peningkatan kualitas pelayanan ini adalah pelayanan prima yang tidak di batasi ruang dan waktu . “Maka kalau terpilih pelayan yang kamu berikan kepada masyarakat Blulukan adalah pelayan yang sebaik-baiknya dan Alhamdulillah ini sudah berjalan dengan baik”, ujarnya.

Selain itu mengupayakan pengelolan pemerintahan desa Blulukan yang di kelola secara transparan, kerjasama yang baik antara perangkat desa ya g satu dengan yang lain. Yang Alhamdulillah di tata kola di 6 tahun pemerintah yang telah berjalan baik kepala desa dan perangkat desa sudah .enjadi team work yang kompak yang bisa memberi dan menerima demi kemajuan pelayanan dan pembangunan yang ada di Desa Bulukan.

Pemaparan visi Misi dan Program Pembangunan oleh calon kades nomor urut 2 Asih Sukarsih. Foto Oedin

Sementara Kandidat Calon Kades nomor urut 2 Asih Sukarsih berjanji kalau terpilih ingin mewujudkan Desa Blulukan yang adem.ayem tentrem dan pandai bersyukur, “Siapa yg pandai bersyukur akan d tambah Alloh nikmatnya”, ujarnya

Sementara untuk program pembangunan ia hanya akan melanjutkan program pemerintah terdahulu yang sudah ada. Yang menarik diakhir penyampaian visi misinya ia membawa poster yang justru bukan bergambar dirinya tetapi foto suaminya, ” Saya menghimbau agar masyarakat memilih nomor urut 1 suami saya”, ujarnya yang di sambut gelak tawa warga yang hadir
Asih sendiri mengaku “terpaksa” mendaftar untuk menemani suaminya karena sampai batas waktu pendaftaran belum ada warga yang mendaftar. “Saya mendaftar untuk lemlancarkan jalannya Pilkades agar jangan sampai terhambat akibat hanya ada calon tunggal sebab syarat di gelar Pilkades yakni minimal ada 2 calon”, paparnya.

Di lokasi lain di Desa Klodran Clomadu Karanganyar pada saat bersamaan juga menggelar kegiatan sama termasuk calon kades yang juga merupakan suami istri, Warsito dan Nawang Wulan Indriastuti.

Calon Kades Klodran Warsito saat penyampaian visi misi dan program pembangunan di balai desa Klodran Senin (7-11-2022). Foto Ist

Menurut Warsito untuk visi misinya dalam Pilkades tersebut yakni membangun desa dengan partisipasi masyarakat yang harmonis dan agamis, “3 komponen tersebut berperan penting sebuah pembangunan dan menciptakan masyarakat yang sejahtera”, ujarnya.

Warsito sendiri merupakan. Calon Kades Incumbent. Ia telah 2 Periode menjadi orang nomor 1 di Desa Klodran dan pencalonannya merupakan yang ke 3.

Sementara itu Nawang Wulan Indriastuti, mengaku visi misinya apabila terpilih yakni
mensejahterakan masyarakat, melakukan pemberdayaan pkl, umkm dan lainnya, ” Desa Klodran sudah memiliki pasar sendiri, yang bisa di pakai untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan UMKM pemberdayaan PKl dan lainnya”, ujarnya.

Nawang Wulan Indriastuti Calon Kades Desa Klodran saat penyampaian visi misi dan program pembangunan di Balai Desa Klodran Senin (7-11-2022). Foto Oedin

Bukan yang pertama Nawang Wulan Indriastuti mengaku sebelumnya juga pernah mencalonkan diri bersaing dengan suaminya saat Pilkades periode 2. Iapun kembali mendaftar untuk menemani suami karena alasan klasik untuk memuluskan jalannya pesta demokrasi di Desa Klodran sebab tidak ada warga lain yang mau mendaftar sebagai Kades. (Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *