oleh

Kades Pandeyan Resmikan Asmantoga Binahong Asri RT 01 RW 08 Welar

INDONNESIANEWS (Boyolali0–Pemerintah Desa Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali, meresmikan Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asmantoga) di Dusun Welar RT 01 RW 08 Pandeyan Ngemplak Boyolali, Selasa (1-11-2022) kemarin.

Dengan peresmian tersebut maka saat ini sudah ada 16 Asmantoga atau 60 persen RT/RW di Desa Pandeyan yang memiliki Asmantoga.

Peresmian Asmantoga di RT 01 RW 08 Welar Pandeyan, di lakukan oleh Kepala Desa Dwi Purboyono SH MH. Hadir juga dalam acara itu yakni Wakil dari Kecamaan Ngemplak yang membidangi Asmantoga Ibu Diah, wakil Puskesmas Ngemplak Ibu Tri, Ketua RT 01 RW 08 Bapak Sunardi, Ketua TP PKK Desa Pandeyan Ibu Hani Rini Hastuti SH, perangkat desa Pandeyan, dan ibu-ibu TP PKK RT 01 RW 08 Welar Pandeyan Kecamatan Ngemplak.

Kepala Desa Pandeyan Dwi Purboyono SH MH melakukan pemotongan pita menandai peresmian Asmantoga Binahong Asri di RT 01 RW 08 Welar Pandeyan Ngemplak Boyolali Selasa (1-11-2022)

Peresmian Asmantoga Binahong Asri sendiri di tandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Desa Dwi Purboyono SH MH. Dalam sambutannya orang nomor 1 di Desa Pandeyan ini mengatakan Asmantoga toga merupakakan salah satu inovasi program dari bupati Boyolali dan Pandeyan sudah di tunjuk sebagai desa BERKELAS (Bersih dan Keluarga Sehat Sejahtera) pertama.

Sehingga dengan acara peresmian Asmantoga tersebut berharap sekali dua dayung program kegiatan nanti akan tercapai, pertama Asmantoga sebagai taman di rt 01 rw 08. Sebagai sarana bermain bagi anak-anak dan ibu-ibu, “Jadi kalau mau foto selvi ga usah jauh-jauh ke Solo atau ke waduk cengklik, cukkup di sini saja”, ujarnya.

Kedua dengan adanya Asmantoga ini banyak tanaman obat yang di tanam,, “Jadi karena sekarang sudah banyak obat-obat pabrikan yang di tarik pemerintah karena mengandung bahan kimia yang berpotensi menyebabkan misal ginjal seperti baru-baru ini. Sehingga pemerintah kemudian mendorong  penggunakan obat herbal seperti tanaman obat yang ada di Asmantoga, seperti sereai kencur jahe dan lainnya”, ujarnya.

Kades Pandeyan Dwi Purboyono SH MH dan tamu undangan melihat-lihat Asmantoga RT 01 RW 08 Welar usai di resmikan. Foto Oedin

Dengan adanya obat-obat tradisional di Asmantoga ini nantinya di harapkan bisa di manfaatkan khususnya warga RT 01 RW 08 untuk berbagai keperluan misal mengobati sakit ringan yang di derita, pilek batuk gatal dan lainnya tanpa harus membeli di Apotek. Selain menghindarkan dari zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, juga bisa menghemat biaya.

Ibu-ibu TP PKK RW 01 RW 08 Welar menyambut baik di resmikannya Asmantoga di lingkungannya. Foto Ist

Sementara itu perwakilan ibu-ibu TP PKK RT 01 RW 08 Welar Sulistianingsih, berharap dengan adanya Asmantoga Binahong Asri bisa bermanfaat bagi warga setempat khususnya dan berkesimbangunan dengan warga sekitar, “semoga dengan Asmantoga bisa memberikan manfaat misal kurang sehat bisa memetik mengambil di Asmantoga karena ada obat-obat tradisional yang lebih sehat dan tidak harus ke dokter”, ujarnya. (Oe)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *