oleh

Suksesi Rektor UNS Terpilih, Diharapkan Mengedepankan Wawasan Kebangsaan

INDONNESIANEWS (Solo)– Pemilihan Rektor baru di Universitas Sebelas Maret (UNS), masa bakti 2023- 2028 tidak hanya menjadi harapan mahasiswa UNS, melainkan juga menjadi harapan berbagai kalangan masyarakat.

Salah satunya dari praktisi hukum Kusumo Putro, yang menyampaikan beberapa hal terkait pemilihan Rektor UNS terpilih nanti, yakni harus menjadi pelopor dalam membentengi kampus dari pengaruh radikal dan intoleran.

“Dengan cara menanamkan pentingnya berwawasan kebangsaan yang berasaskan Pancasila kepada seluruh mahasiswa. Mengingat pengaruh paham ideologi radikal semakin mudah “disusupi” di kalangan kelompok mahasiswa,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga berpendapat bahwa pentingnya peran dari Majelis Wali Amanat (MWA) dalam menentukan dan memilih Rektor UNS yang mumpuni. Sehingga dalam kepemimpinannya rektor tersebut, mampu menyiapkan kaderisasi mahasiswa UNS sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

“Semoga MWA dapat lebih cermat dalam menentukan pilihan, dengan melihat rekam jejak para calon rektor dan bukan karena kedekatan dan pertemanan. Jadikan UNS sebagai pelopor dan Benteng Pancasila, tempat menggembleng penerus generasi bangsa di masa depan.”

Disinggung mengenai penyelenggaraan pemilihan Rektor UNS yang jujur, adil dan berdemokrasi, tokoh masyarakat ini juga mengapresiasi pemilihan calon rektor tersebut, yang mengakomodir adanya keikutsertaan perempuan dalam pencalonan dan seleksi rektor, sebagaimana semangat demokrasi dan menjunjung tinggi emansipasi wanita.

“Sehingga baik calon rektor laki-laki maupun calon rektor perempuan memiliki hak yang sama, untuk dicalonkan dan dipilih sebagai Rektor UNS periode masa bakti 2023- 2028 yang akan datang,” ungkap Kusumo, Senin (24/10/2022)

Pengacara kondang ini juga berharap, pemilihan Rektor UNS terpilih nanti merupakan sosok pemimpin yang dapat merepresentasikan UNS sesuai dengan visi dan misinya.

“Diharapkan dapat terpilih rektor yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, memiliki kemampuan akademik yang teruji dan terbaik, serta memiliki kemampuan aspek managerial yang tangguh.”

“Sehingga ketika nanti memulai bekerja memimpin UNS dapat membawa dan menjadikan entitas lembaga pendidikan yang mampu menciptakan generasi terbaik,” urainya.

Seperti diketahui bahwa saat ini UNS telah melangsung pemilihan rektor. Sementara, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA)UNS Hadi Tjahjanto telah menyampaikan tiga nama calon Rektor UNS dengan masa bakti 2023- 2028, yakni Prof. Dr Hartono dr M.si dan Prof. Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani S.H, M.M serta Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.si (Bud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *