oleh

Dulu Ajang Tempat Hiburan, Kini Menjadi Markas Warung Sedekah Dhuafa 1000 Porsi Makan Gratis

INDONNESIANEWS (Solo)–Tepatnya di Jalan Menteri Supeno, samping timur Dishub Solo ini, terdapat sebuah warung yang setiap harinya menggratiskan menunya, bagi warga yang membutuhkan.

Tempat yang diberi nama Warung Sedekah Dhuafa, yang sebelumnya sebagai tempat ajang hiburan ini, ternyata sudah 1 bulan, menjadi Markas Sedekah Dhuafa, yang mana setiap harinya selalu didatangi 1000 orang yang ingin menikmati makan secara gratis.

“Kalau saat ini, bisa mencapai 1.000 porsi makanan yang dibagikan,” terang pengelola Warung Sedekah Dhuafa, Nanik Iqbal saat berbincang dengan wartawan, Jumat (7/10) siang.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SHA Solo, dibawah kepemimpinan Aryo Hidayat Adiseno sudah berjalan sekitar sebulan terakhir. Antusiasme masyarakat untuk mendatangi tempat bagi-bagi sedekah itu juga sangat positif.

“Dulu, awal-awal mungkin baru sekitar 500 porsi ya karena belum banyak dikenal masyarakat. Namun, untuk saat ini sudah mencapai kurang lebih 1.000 porsian dalam sehari dibuka,” kata Nanik.

Menurutnya, banyak masyarakat tidak mampu mendatangi tempat tersebut. Mulai dari juru parkir, pengayuh becak, ojek online (ojol) dan masih banyak yang lain.

Dalam mengolah sajian makanan, Nanik mengaku, dibantu 12 orang. Mulai dari tukang masak, pencuci piring, tukang saji dan pengatur antrian. Mereka yang hendak mengambil makanan harus antre dan mengambil makanan secukupnya.

“Kami buka mulai pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Jika nantinya masih ada sisa makanan, akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Namun, biasanya sudah habis dimakan oleh mereka yang makan langsung disini,” jelas Nanik.

Tak hanya makanan, pihaknya juga terkadang membagikan sayuran dari para donatur kepada masyarakat. Sehingga, tidak hanya makanan semata.

Sementara pada menu yang disajikan di Warung Sedekah Dhuafa,  setiap hari selalu berganti-ganti untuk menghindari kebosanan. Mulai dari soto sulung, sayur asem Jakarta, sayur ndeso, sayur lodeh dan masih banyak yang lain. “Kalau masalah lauk, juga macem-macem. Ada tahu, tempe, telur, kerupuk hingga ayam.”

Pihaknya juga terbuka dan mempersilakan siapapun donatur yang ingin membantu kegiatan positif itu. Tak hanya berupa uang semata, namun juga menerima sumbangan bahan makanan, sayuran dan lain sebagainya.

“Intinya, kegiatan ini bertujuan positif. Monggo siapa saja yang ingin bergabung kami terbuka,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Didit mengatakan, sangat terbantu dengan aksi sedekah yang diadakan Warung Sedekah Dhuafa itu. Mengingat, sebagai driver ojol di Kota Solo dirinya bisa menghemat pengeluaran untuk makan di luar.

“Sangat membantu. Kita bekerja di lapangan, tentu untuk makan ini menjadi pengeluaran tetap ya. Dengan adanya Warung Sedekah ini sangat bermanfaat sekali.”

“Apalagi dalam situasi akhir-akhir ini kan kita sedikit kesulitan untuk mencari orderan, makanya ketika saya tahu hari ini tadi ada program makan gratis akhirnya sama teman-teman mencoba untuk datang ke sini. Dan ternyata benar, kita buktikan di sini makan gratis dan ini sangat membantu bagi kami,” tutupnya. (Bud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *