oleh

Hari Santri 2022, NU Gantiwarno Akan Gelar Apel Hari Santri dan Kirab Budaya

INDONNESIANEWS (Klaten)–Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) yang akan diperingati pada 22 Oktober 2022, Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten akan menggelar apel Hari Santri dan kirab seni budaya. Apel Hari Santri dan kirab seni budaya tersebut akan diadakan pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Demikian dikatakan Ketua MWC NU Kecamatan Gantiwarno, Ustadz Sunardi pada acara Rapat Persiapan Peringatan Hari Santri 2022 Tingkat Kecamatan Gantiwarno yang diadakan di rumah Sekretaris MWC NU Kecamatan Gantiwarno, Wahyunto di Dukuh Karang Muruh, Desa Muruh, Kecamatan Gantiwarno, Rabu malam, 5 Oktober 2022.

Ustadz Sunardi menjelaskan, rangkaian kegiatan apel Hari Santri dan kirab seni budaya diawali dengan apel Hari Santri di Lapangan Desa Muruh pukul 07.30 WIB. Setelah apel selanjutnya peserta apel Hari Santri akan mengadakan pawai dengan start di Lapangan Muruh menyusuri desa-desa di Kecamatan Gantiwarno dengan finish di Halaman Balai Desa Karangturi.

Lebih lanjut Ustadz Sunardi yang akrab disapa Kang Nardi mengatakan, peserta apel Hari Santri terdiri dari anggota NU dari 16 Ranting NU yang ada di Kecamatan Gantiwarno.

Kemudian juga grub kesenian dari desa-desa di Kecamatan Gantiwarno seperti grup hadroh, laras madyo, maupun grup seni Islami lainnya.

“Nantinya pada saat pawai atau kirab seni budaya, setiap grup kesenian juga pentas di sepanjang jalan sampai finish. Maka dari itu setiap Ranting NU diharapkan melakukan persiapan sejak sekarang seperti menyiapkan armada transportasi dan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk kirab seni budaya tersebut,” ujarnya seraya menyatakan, selama pelaksanaan apel Hari Santri dan kirab budaya tetap dilakukan dengan protokol kesehatan.

Ustadz Sunardi juga mengungkapkan, para peserta kirab budaya saat mengikuti jalannya kirab budaya di sepanjang jalan tetap menjaga sopan santun.

“NU tetap menghormati pengguna jalan yang lain serta mentaati rambu-rambu lalu lintas. Sehingga jalannya kirab budaya dapat berlangsung tertib dan aman,” ujar Kang Nardi.

Sementara itu Komandan Banser Kecamatan Gantiwarno, Husein didampingi Ketua Panitia Apel Hari Santri MWC NU Kecamatan Gantiwarno, Hanafi mengatakan, peserta kirab budaya sesampainya di lokasi finish di Halaman Balai Desa Karangturi akan diberikan kesempatan untuk pentas 1 buah lagu. Kemudian di lokasi finish di sekitar Balai Desa Karangturi akan dimeriahkan bazar UMKM Kecamatan Gantiwarno.

“Sesuai petunjuk dari MWC NU Kecamatan Gantiwarno di lokasi finish di Halaman Balai Desa Karangturi nanti juga diisi tausiyah oleh para Kyai NU yang berkolaborasi dengan grup seni budaya. Sehingga para peserta selain bergembira dengan apel dan kirab budaya Hari Santri, juga dapat ilmu, nasehat dan petuah dari para Kyai NU,” jelasnya.

Husein menambahkan, tema Hari Santri 2022 yakni Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Untuk menyukseskan acara tersebut Banser NU Gantiwarno juga membuka donasi dengan membuat Kaos Hari Santri 2022 dengan harga kaos untuk dewasa Rp50.000, kaos lengan panjang Rp60.000 dan kaos untuk anak-anak Rp40.000.

“Bagi warga yang berminat untuk order atau membeli kaos Hari Santri 2022 bisa menghubungi nomor HP/WA saya, 0882 1486 2580,” kata Komandan Banser Kecamatan Gantiwarno, Husein. (*/Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *