oleh

Kwarcab Pramuka Klaten Gelar Upacara Hari Pramuka ke-61 dan Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang

INDONNESIANEWS (Klaten)–Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten menggelar upacara Hari Pramuka ke-61 dan pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten di Lapangan Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro di Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Rabu, 28 September 2022.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, SIKom kepada media mengatakan, upacara Hari Pramuka ke-61 baru diadakan pada 28 September 2022 karena menyesuaikan kegiatan dari tingkat pusat dan provinsi. Upacara hari Pramuka ke-61 diikuti lebih 1000 peserta dari Pramuka Penggalang tingkat SMP se Klaten.

“Alhamdulillah setelah tiga tahun tidak mengadakan upacara Hari Pramuka secara besar, akibat pandemi covid-19, baru kali bisa diadakan upacara dengan peserta yang lebih banyak. Harapannya, agar Gerakan Pramuka Klaten mampu mencetak generasi tangguh menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Hamenang.

Hamenang juga mengatakan, tema HUT ke-61 Hari Pramuka tahun 2022 yakni Pramuka mengabdi tanpa batas, untuk membangun ketangguhan Bangsa.

Peringatan Hari Pramuka diadakan selama tiga hari sejak Selasa, 27 September sampai 29 September 2022 yang diisi kemah dan Lomba Tingkat III Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten dengan peserta lebih 1000 anggota Pramuka.

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada anggota Pramuka Klaten yang bisa mengikuti upacara Hari Pramuka ke-61 tahun 2022. Merupakan suatu kebanggaan anggota Pramuka dapat mengkuti upacara Hari Pramuka.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berpesan, kepada setiap anggota Pramuka yang ditugasi oleh sekolah untuk mengikuti upacara dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya apapun peran yang diberikan. Sehingga dengan tanggung jawab yang tinggi setiap tugas dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga para anggota Pramuka terbiasa melaksanakan tanggung jawab dengan baik. Semoga dari anggota Pramuka kelak kalian dapat menjadi Bupati, Gubernur, Menteri bahkan Presiden, untuk Indonesia Raya yang kita cintai,” ujar Bupati Klaten.

Para petugas upacara peringatan Hari Pramuka ke-61 dan Pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten masing-masing inspektur upacara Bupati Klaten,

Perwira upacara Sri Hadi, SE, MM. Komandan Upacara Jeanne Dearc Cakra Bintang Putri Sambodo dari SMP Maria Assumta Klaten dan regu koor dari SMPN 2 Klaten dengan pembina Tris Tantini, SPd, MPd.

Upacara Hari Pramuka ke-61 dan pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten dimeriahkan atraksi unjuk gelar keterampilan senam semaphore Pramuka Penggalang Klaten dan Tari Lurik Payung (Luyung) dari SMPN 2 Klaten.

Kemudian upacara Hari Pramuka ke-61 dan pembukaan Lomba Tingkat III Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani.

Pada acara tersebut Bupati Klaten dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, SIKom menyerahkan penghargaan untuk anggota Pramuka yang berprestasi. (Or)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *