oleh

PK-Competition SMP Muhammadiyah PK Solo: Ajang Asah Potensi Siswa

INDONNESIANEWS (Solo)–Ajak siswa SD/MI se-Solo Raya untuk mengasah potensi diri, SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar lomba PK-Competition pada 24 September hingga 1 Oktober 2022. PK-Competition meliputi Plasmic (PK Olympiad Social, Mathematic, and Science) dan Frasa (Festival Sastra dan Bahasa).

Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta menjelaskan kegiatan perlombaan ini digelar rutin setiap tahun dan menjadi lomba bergengsi bagi siswa SD/MI.

Sebelumnya, perlombaan digelar secara virtual dan cakupan peserta hinggal nasional. Maka dari itu, PK-Competition sebagai ajang bergengsi untuk perlombaan siswa SD/MI se-Solo Raya.

“Kabar gembira bagi siswa kelas 5 dan 6 yang duduk di bangku SD/MI, mari ikuti perlombaan Plasmic dan Frasa. Selain mengasah potensi siswa, peserta yang menang akan mendapatkan sertifikat, piala, dan uang pembinaan,” terang Aryanto.

Terdapat beberapa kategori perlombaan yang dapat diikuti dan dipilih oleh para siswa yakni Plasmic meliputi olimpiade Matematika, IPA, dan Sains; Frasa meliputi lomba nembang macapat, membaca puisi, menulis cerpen, story telling, dan murotal Al Quran.

Ichsan Widayanto yang juga merupakan ketua panitia Plasmic memaparkan pelaksanaan perlombaan akan dilaksanakan secara offline (tatap muka) pada Sabtu, 24 September 2022 di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Jalan Pleret Raya nomor 9, Banyuanyar, Banjarsari, Kota Surakarta.

“Pendaftaran peserta lomba suda dibuka 29 Agustus lalu hingga 22 September 2022. Biaya pendaftaran 35 ribu rupiah. Untuk pendaftaran kolektif sepuluh siswa dari satu sekolah maka akan mendapatkan free satu siswa,” papar Ichsan.

Sementara itu, Muhammad Dafit Pitoyo yang juga ketua panitia Frasa menambahkan ada yang menarik dalam penyelenggaraan PK-Competition di mana panitia menggelar pula cabang lomba bahasa dan sastra mencakup kemampuan berbahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan membaca Al Quran.

Dafit memaparkan cabang perlombaan Frasa meliputi lomba nembang macapat, membaca puisi, menulis cerpen, story telling, dan murotal. Pendaftaran lomba masih dibuka hingga Kamis, 22 September 2022.

“Pelaksanaan lomba Frasa digelar secara online dan offline. Penyisihan secara online pada 21 hingga 23 September 2022 dengan mengumpulkan karya melalui link panitia. Pelaksanaan final lomba di sekolah pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Untuk biaya cukup 30 ribu rupiah,” jelasnya.

Aryanto menambahkan untuk informasi pendaftaran secara lengkap bisa mengunduh link https://bit.ly/JuknisPK-Competition2022. Ia pun berharap para siswa bisa menggelorakan perlombaan ini sehingga bisa menjadi kesempatan terbaik untuk mengasah kompetensi.

“Semoga event perlombaan PK-Competition SMP Muhammadiyah PK mampu memberikan kontribusi sebagai wahana bagi siswa SD/MI kelas 5 dan 6 untuk mengasah kompetensi meraih prestasi,” tandasnya. (Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *