oleh

Jaga Kebersihan Sungai, Wakil Wali Kota Solo, dan Ormas Bersihkan Kalipepe.

INDONNESIANEWS (Solo)– Ratusan anggota Organisasi Masyarakat (Ormas)Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kota Surakarta melaksanakan bersih Sungai Kalipepe, tepatnya di Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Sabtu (17/9) pagi.

Kegiatan yang juga melibatkan anggota Polri dan masyarakat sekitar tersebut, membersihkan aliran sungai ini bertujuan agar ekosistem senantiasa bersih dan terjaga.

“Kegiatan ini adalah sesuai dengan Organisasi Senkom Mitra Polri yakni bersifat sosial,” terang Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi disela sela aksi sosialnya itu.

Pihaknya sengaja menggandeng dari Organisasi Baguna dalam kegiatan tersebut. Mengingat, beberapa waktu lalu Senkom Mitra Polri dan Baguna sama-sama mendapatkan penghargaan dari Pemerintah sebagai organisasi yang aktif dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

“Beberapa waktu lalu, saya sudah berkoordinasi dengan Sekjen PDI-Perjuangan untuk mengajak Baguna dalam aksi sosial. Alhamdullillah, mendapat sambutan baik disini (Kota Solo). Jadi, kita awali dari Solo untuk Indonesia khususnya di bidang aksi Sosial,” jelas Katno.

Diharapkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat menghindarkan banjir di wilayah Kota Bengawan.

Sementara itu, Ketua Senkom Kota Solo, Kevin Fabiano mengatakan, aksi bersih-bersih Kalipepe tidak hanya sekali ini saja dilakukan. Kedepan akan dilaksanakan kembali dengan tujuan menciptakan aliran sungai yang lancar dan bersih.

“Ini akan dilaksanakan rutin, tiap bulan. Nantinya anggota Senkom dan Baguna akan dikerahkan supaya saat musim penghujan nanti tidak timbul bencana,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengapresiasi kerja bakti yang dilaksanakan anggota Senkom Mitra Polri dan Baguna Kota Solo. Menurutnya, kebersihan aliran sungai menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan hidup sehat dan bersih.

“Saya harapkan, aksi ini tak berhenti disini saja namun berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat di sekitaran sungai yang mengalir ke Bengawan Solo juga harus membantu dan membangkitkan kepedulian mereka untuk menjaga kebersihan aliran sungai,” katanya.

kegiatan dimulai dengan apel bersama sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah dilaksanakan arahan dari Ketua Pelaksana Gerakan Bersih Sungai Kalipepe Solo, ratusan anggota dari Senkom Mitra Polri, Baguna Kota Solo, anggota Polri dan masyarakat sekitar langsung terjun menyisir aliran sungai.

Sampah-sampah yang tersangkut di aliran sungai yang bermuara di Bengawan Solo itu dinaikan dan diangkut menggunakan truk. Bahkan, Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi, Ketua Senkom Mitra Polri Kota Solo, Kevin Fabiano, Kapolsek Banjarsari, Kompol Parjono dan Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa juga ikut terjun langsung untuk membersihkan sungai Kalipepe.

Kegiatan itu selesai sekira pukul 10.30 WIB. Diakhir acara, ratusan peserta aksi bersih-bersih Sungai Kalipepe mendapat bingkisan 1 kilogram telor. (Bud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *