oleh

PT. ALAZHAR WISATA SUCI SOLO GELAR MANASIK UMROH JELANG KEBERANGKATAN JAMAAH KE TANAH SUCI

INDONNESIANEWS (Solo)–PT. AlAzhar Wisata Suci Biro Perjalanan dan Umroh menyelenggarakan kegiatan Manasik Umroh Teori dan Praktek di sebuah hotel di kawasan Tirtonadi Solo belum lama ini.

Kegiatan tersebut di adakan dengan tujuan memantapkan apa yang perlu di ketahui dan disiapkan serta dilakukan para Peserta Umroh saat sudah berada di tanah suci Mekah Arab Saudi nanti.

Sejak pukul 07.00 peserta sudah mulai berdatangan di lokasi manasik di lantai 5 hotel. Peserta terlebih dahulu harus melakukan registrasi kedatangan kepada petugas penyelenggara manasik dari PT. AlAzhar Wisata Suci Biro Perjalanan dan Umroh di pintu masuk.

Pukul 08.30 kegiatan dengan agenda utama Manasik Umroh Teori dan Praktek tersebut di mulai dengan mengucapkan kalimat Talbiyah di pimpin pembawa acara dan di ikuti seluruh peserta Manasik Umroh yang datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Solo Raya.

Dengan penuh semangat pesertapun mengumandangkan kalimat Talbiyah berulang-ulang. “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.”

Kegiatan di lanjutkan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh seorang remaja putra peserta Manasik Umroh. Di susul sambutan dari Direktur Utama PT Al-Azhar Wisata Suci Hj Henny Purwanti dan Komisaris Utama PT Al-Azhar Wisata Suci H Syahrul Afrizal Sitorus Lc.

Menurut Hj Henny Purwanti Lc Alhamdulillah setelah sempat fakum selama 2 tahun lebih akibat pendemo virus Corona dimana pemerintah Arab Saudi menutup penyelenggaraan Haji dunia untuk mencegah penyebaran virus Corona kini peribadatan haji dan Umroh sudah di buka kembali setelah kondisi berangsur-angsur normal.

Demikian juga PT Al-Azhar Wisata Suci Biro Perjalanan dan Umroh kembali membuka pendaftaran bagi masyarakat khususnya yang ingin melakukan ibadah umroh ke tanah suci Mekah.

“Alhamdulillah sebanyak 51 tamu Alloh akan kami berangkat kembali untuk melaksanakan ibadah Umroh pada 1 September 2022 ini,” ujarnya.

Sementara itu Komisaris Utama Ustadz Shahrul Adrizal Sitorus Lc dalam penyampaiannya mengatakan kita semua (peserta) wajib bersyukur kepada Alloh SWT dengan mengucapkan Alhamdulillah karena sebentar lagi akan berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah umroh.

Menurut alumnus Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini Umroh adalah suatu ibadah yang sebenarnya kalau untuk saat ini hukumnya adalah wajib. “Karena kalau kita harus mendaftar haji lalu menunggu bertahun-tahun ia kalau panjang umur kalau yang usia 60 tahun’ mungkin tidak sempat untuk ke tanah suci”, ujarnya.

Didalam ibadah umroh menurut Ustadz Syahrul Afrizal Sitorus Lc, ada banyak keutamaan yang di di dapat seseorang mengerjakannya. Sedikitnya ada 10 keutamaan ibadah Umroh yakni 1.Menghapus Dosa
Keutamaan umroh yang pertama adalah menghapus dosa. Bila seseorang telah menjalankan ibadah umroh sebelumnya, lalu melakukan ibadah umroh pada tahun berikutnya maka dosa-dosanya diantara kedua waktu umroh tersebut akan dihapuskan.

2. Memperoleh Ketenangan Hati
Dengan berdoa selama menjalankan ibadah umroh, hati akan terasa tenang dan kehidupan menjadi lebih tentram. Keutamaan umroh ini memberikan wujud kekayaan dalam hati, sehingga menjadi lebih sabar dan menambah iman bagi siapapun yang melaksanakannya.

3. Memperoleh Pahala Sholat Berlipat Ganda
Mengumpulkan pahala dari sholat terbilang sulit. Bila umumnya melaksanakan sholat hanya memperoleh pahala 1 dan 27 derajat saat berjamaah, ketika sholat saat beribadah umroh pahala akan berlipat ganda. Keistimewaan umroh membuat pahala sholat saat ibadah umroh dapat mendatangkan pahala 1000 kali lipat hingga 100.000 kali lipat lho Toppers. Kebayangkan luar biasanya keutamaan umroh yang satu ini?

4. Meningkatkan Iman dan Takwa
Keistimewaan umroh lainnya adalah meningkatkan iman dan takwa. Dengan melakukan ibadah umroh, berarti ia berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya untuk memperbaiki ibadah juga perilakunya.

5. Media Jihad bagi Perempuan
Seperti yang kita ketahui, jihad adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah surga. Dahulu, jihad ditandai dengan mengikuti peperangan untuk membela Islam dan perempuan dilarang mengikuti peperangan karena fisiknya yang lemah. Sehingga Allah memberikan alternatif untuk perempuan melakukan jihad dengan cara melaksanakan haji/umroh.

6. Doa Akan Dikabulkan
Keutamaan umroh lainnya adalah doa akan dikabulkan. Orang yang melakukan ibadah umroh merupakan tamu Allah sehingga memiliki keistimewaan dengan dikabulkan segala doa yang dipanjatkan. Penyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang mana berisi siapapun yang memohon ampunan dan bermohon kepada Allah maka pasti akan dikabulkan.

7. Memperoleh Keberkahan
Ibadah umroh dapat memberikan keberkahan bagi siapapun yang menjalankannya. Bila ibadah umroh dilakukan dengan hati yang ikhlas dan dijalankan dengan khusyu maka dapat menjadi ibadah yang sah atau diterima. Ketika ibadah umroh diterima, maka hidup akan dilimpahkan dengan keberkahan dan menjadi lebih baik.

8. Dijanjikan Surga
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, umroh dapat menjadi jihad bagi perempuan juga kaum yang lemah. Siapapun yang menjalankan umroh dengan hati yang ikhlas dan mengikuti tata caranya dengan benar maka akan bernilai pahala besar dan mendapatkan ganjaran surga.

9. Dijauhkan dari Kemiskinan
Setiap manusia pasti ingin memiliki hidup yang cukup dan sejahtera. Allah memberikan salah satu keistimewaan umroh dengan menjauhkan siapapun yang melakukan umroh akan dijauhkan dari kemiskinan atau kefakiran. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadist yang mana disebutkan bahwa siapapun yang melaksanakan umroh akan menghilangkan kemiskinan juga dosa-dosa yang telah diperbuat.

10. Wafat Saat Umroh, Pahalanya Dicatat Sampai Hari Kiamat
Terakhir, bila seseorang wafat saat umroh maka pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat tiba. Keutamaan umroh ini bisa diberikan ketika seseorang memiliki kekhusyukan dan menjalankan tata cara dan rukun umroh dengan benar. Walau mungkin saja rukun umrohnya belum tercapai semua, tapi Allah sudah menjanjikan pahala.

Bila ustadz Syahrul Afrizal Sitorus Lc menyampaikan teori, pemateri selanjutnya yakni Ustadz Harypno memberikan praktek kepada Peserta Manasik Umroh mulai bagaimana cara memakai kain ihram yang benar’ sampai tahapan lbadah umroh lainnya.

Dalam praktek tersebut di mulai dari saat peserta menuju Mekkah sembari mengucapkan kalimat Talbiyah.

Setelah tiba berdoa masuk Masjidil haram dengan kaki kanan peserta melakukan tawaf. Tawaf dilakukan sebanyak 7 kali yang dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir pula di Hajar Aswad.

Dalam melakukan urutan ibadah umroh yang satu ini disunnahkan pula untuk berlari-lari kecil di 3 putaran pertama dan berjalan biasa di 4 putaran terakhir.

Peserta cukup antusias mengikuti praktek meskipun beberapa terlihat masih bingung dalam pelaksanaannya.

Usai Tawar Ustadz Haryono mengajari peserta Manasik Umroh cara melakukan
Sa’i. Dimana Sai dimulai dari Bukit Shafa dan berakhir di Bukit Marwah sebanyak 7 kali putaran. Ketika berada di atas Bukit Shafa kemudian menghadap ke arah Ka’bah lalu membaca doa.

Sementara tahap umroh terakhir yakni bertahallul. Setelah melakukan beberapa rangkaian ibadah, jamaah bertahallul atau memotong rambut di Bukit Marwah.

Sementara’menurut sejumlah peserta Manasik Umroh mengakui setelah mendapat penjelasan baik teori dan praktek semakin faham tahapan pelaksanaan Umroh nanti. ” Saya baru pertama melalukan umroh jadi apa yang di sampaikan oleh pihak PT. Alazhar Wisata Suci selaku penyelenggara Umroh sangat penting”, ujar Bana Handaga.

Ia sendiri mengaku memilih PT. Alazhar Wisata Suci karena sudah mengenal pemiliknya (Ustadzah Henny) karena juga merupakan teman kerja di institusi lain.

Hal serupa juga di sampaikan Peserta lain Denny Zainal yang mengaku sudah mengenal baik Ustadz Syahrul Afrizal Sitorus sehingga percaya dengan Biro PT AlAzhar Wisata Hati sebagai penyelenggara umroh.

Alasan sama di sampaikan Hj Ummatun Marhumah. Menurutnya meskipun sudah pernah menunaikan ibadah haji tetapi pembekalan yang di berikan oleh penyelenggara luar biasa sangat bermanfaat dalam pelaksanaan Umroh nanti.

Ia sendiri mengaku akan berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah Umroh bersama 8 orang anggota keluarganya.

Pada bagian lain Direktur Utama PT AlAzhar Wisata Suci Biro Perjalanan dan Umroh Hj Henny Purwanti Lc menambahkan pelayanan yang di berikan peserta Umroh yakni untuk hotel tempat menginap dekat dengan Madinah.

Selain itu pihaknya sudah tidak lagi meminta biaya kepada keberangkatan dari Jakarta ke Madinah dari semula berangkat dari Bandara Adi Sumarmo Solo, ‘ Karena sudah tidak ada lagi pesawat dari Solo terpaksa peserta di berangkat melalui Jakarta menuju Madinah dan kami tidak lagi menarik biaya”, ujarnya.

Istri dari Ustadz Syahrul Afrizal Sitorus Lc itupun berharap semoga Biro umroh yang di kelolanya (PT AlAzhar Wisata Suci) sukses. “selalu sukses dan semakin banyak menyebar ilmu-ilmu manasik haji dan umroh demi kekhusukan dalam beribadah haji dan umroh”, ujarnya. (Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *