oleh

Korem 074/ Warastratama Surakarta dan Pemdes Pandeyan Ngemplak Boyolali tanam 1500 Pohon Kayu Putih di bantaran Sungai

INDONNESIANEWS (Boyolali)–Sebanyak 1500 pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra syn) di tanam di bantaran sungai yang melintasi Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali, Minggu (3/7/2022) kemarin.

Penanaman pohon kayu putih tersebut di lakukan Pemerintah Desa Pandeyan bekerjasama dengan aparat TNI dari Korem 074/ Warastratama Solo.

Dalam kegiatan penghijauan dan penanaman pohon yang di mulai pukul 08.30 tersebut Pemdes Pandeyan mengerahkan puluhan anggota Linmas, sementara dari aparat TNI menerjunkan belasan anggota yang sebagian besar berasal dari Kodim Kecamatan Ngemplak.

Sejumlah elemen masyarakat seperti Linmas ormas Islam dan aparat TNI/Polri terlibat dalam penanaman 1500 pohon kayu ydi bantaran sungai Desa Pandeyan ngemplak Boyolali Minggu. Foto Oedin

Selain itu belasan relawan dari ormas Islam di Pandeyan juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 1500 pohon kayu putih.

Setelah acara seremonial selesai peserta penghijauan membawa pohon kayu putih menuju bantaran sungai Pandeyan yang ada di RT/RW 1/5.

Berbagi tugas ada peserta yang bejerja menggali lubang dan peserta lainnya beetugas menanam pohon kayu putih.

Menurut Pasi Binwanwil Korem 074/ Warastratama Surakarta Mayor Handoko Setyo Budi program pembinaan lingkungan hidup Korem 074/Warastratama di laksanakan setiap tahun di bulan Juli.

Untuk di Desa Pandeyan sendiri pihaknya membagikan sebanyak 1000-1500 pohon kayu putih.

Di tambahkannya di Korem ada sebanyak 200ribu pohon kayu putih. “Pohon kayu putih tersebut kita bagikan ke kodim-kodim di Solo Raya masing-masing 10ribu. Diharapkan setelah besar pohon kayu putih bisa di suling minyaknya dan di manfaatkan untuk kesehatan”, ujarnya.

Pasi Binwanmil Korem 074/Warastratama Surakarta Mayor Handoko Setyo Budi bersama Kades Pandeyan Dwi Purboyono saat acara penanaman pohon kayu putih Minggu (4/7/2022). Foto Oedin

Sementara itu Kades Desa Pandeyan Dwi Purboyono sangat berterima kasih ada bantuan ribuan pohon kayu putih dalam program pembinaan lingkungan hidup Korem 074/Warastratama Surakarta.

Menurut Dwi pohon-pohon kayu putih tersebut sengaja di tanam di bantaran sungai yang melintas di Desa Pandeyan yang baru saja di normalisasi akibat sedimentasi atau pendangkalan dasar sungai.

Iya berharap dengan adanya pohon-pohon yang di tanam di sepanjang bantaran sungai bisa berdampak diantara mengurangi erosi sehingga sedimentasi sungai bisa di minimalisir.

Selain itu melihat dari manfaat pohon kayu putih yang sangat bermanfaat saat sudah besar nanti bisa di pakai masyarakat untuk kesehatan. “Kan kalau di suling minyaknya bisa untuk mengobati berbagai penyakit”, ujarnya. (Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *