oleh

Mengenal Aksara Lampung Hurufnya, Beserta Tulisan dan Penjelasan Mengenai Bahasa Serta Sejarahnya

INDONNESIANEWS–Aksara Lampung (Lampung: Had Lampung) adalah Bentuk tulisan yang berlaku di daerah Lampung. Pada dasarnya tulisan ini berasal dari aksara Pallawa (India Selatan) yang diperkirakan masuk ke Pulau Sumatera semasa kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Kalau di Jawa ada Honocoroko maka di Lampung disebut dengan aksara Lampung atau juga banyak yang biasa mengenal dengan KAGANGAPA. Hal ini karena awalan aksara ini yakni diawali dengan aksara KA GA NGA dan PA.

Dari catatan kami bahwa di Lampung sejak Sekolah Dasar sudah mulai diajarkan mengenai Aksara Lampung ini. Biasanya pelajaran bahasa Lampung dimasukan dalam muatan lokal.

Jika menelisik ke belakang untuk melihat sejarah aksara ini sebenarnya pada abad ke IX Masehi para Raja di Sekala Bekhak menciptakan Aksara Lampung atau Had Lampung. Had Lampung dipengaruhi dua unsur yaitu Aksara Pallawa dan Huruf Arab.

Pembagian Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambing, angka, dan tanda baca.

Pembagian Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambing, angka, dan tanda baca.

Huruf induk aksara Lampung terdiridari ka, ga, nga, pa, ba, ma, ta, da, na, ca, ja, nya, ya , a, la, ra, sa, wa, ha, gha. Secara jelas dapat anda lihat pada gambar aksara Lampung dibawah ini:

Huruf Induk Aksara Lampung

Aksara Lampung
Anak Huruf Aksara Lampung

Tanda Baca dan Angka Aksara

Angka dan tanda

Tidak semua daerah memiliki aksara sendiri. Oleh sebab itu, kita sebagai warga Lampung patut bangga dengan kepemilikan ini dan tetap berusaha menjaga eksistensinya.

Sebenarnya penggunaan huruf aksara Lampung ini tidaklah susah. Hurufnya mudah dihafal dan tanda bacanya pun tidak sulit digunakan.

Aksara Lampung juga sudah tersedia di beberapa aplikasi gratis. Selain itu juga banyak ulasan serta poster aksara yang mudah dipelajari. (Sumber muslim terkini/Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *