oleh

DR R Soeharto Dokter Pribadi Proklamator Soekarno-Hatta di tetapkan Sebagai Nama Jalan di Klaten

INDONNESIANEWS (Klaten)–Pemerintah Kabupaten Klaten telah menetapkan ruas jalan Gebyok-Jimbung di Klaten menjadi Jalan DR R Soeharto.

Peresmian nama jalan dilakukan di Aula Kantor Kepala Desa Jimbung oleh Bupati Klaten, Ibu Hj. Sri Mulyani, S.M pada hari ini Jumat tanggal 27 Mei 2022.

Penamaan Jalan DR R Soeharto adalah salah satu bentuk apresiasi dan penghormatan Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten kepada Almarhum DR R Soeharto, Mayor Jenderal (Kehormatan) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Klaten dan Propinsi Jawa Tengah untuk diusulkan sebagai Pahlawan Nasional atas jasa-jasa dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta tersebut didalam berbagai episode perjalanan Republik Indonesia.

Almarhum DR R Soeharto diusulkan menjadi Pahlawan Nasional atas peran dan perjuangannya sejak berkiprah di Jong Islamienten Bond, menjadi pengurus besar Jong Java mengikuti Kongres Pemuda II (yang melahirkan Sumpah Pemuda), perannya Pusat Tenaga Rakyat dan pertistiwa-peristiwa genting dan krusial sebelum dan pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Bendahara, Ketua/Wakil Ketua Fonds Kemerdekaan Indonesia, Kepala Administrasi Pusat Militer, serta pendirian berbagai institusi penting : Bank Negara Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Istri Dokter Indonesia, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia,

Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia dan pembangunan proyek-proyek mercusuar dan vital : Sarinah, Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Rumah Sakit Jakarta.

“Salah satu persyaratan pengusulan pahlawan nasional adalah namanya telah diabadikan melalui sarana monumental di daerah asal sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan Almarhum Bapak DR R Soeharto ini putra asli Klaten yang lahir di Desa Tegalgondo, calon pahlawan nasional pertama dari Klaten” ujar Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, S.M.

Jalan yang ditetapkan dengan nama Jalan DR R Soeharto tersebut terletak setelah Jalan Ir Soekarno melewati RSUD Bagas Waras menuju Kawasan Wisata Rowo Jombor.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Klaten yang mendukung pengusulan ayahanda kami menjadi Pahlawan Nasional, khususnya kepada Ibu Bupati Sri Mulyani yang sangat luar biasa perhatian dan bantuannya, bahkan pilihan jalan yang ditetapkan mencerminkan kedekatan ayahanda dengan pemimpin yang juga sahabat seperjuangan beliau, Bung Karno. Terusan dari Jalan Ir Sukarno adalah Jalan DR R Soeharto”, ujar Dewi Soeharto putri Almarhum DR R Soehart

Dr Sri Margana dari Universitas Gajah Mada yang memimpin penyusunan Naskah Akademik Biografi DR R Soeharto mengatakan meskipun gelar kepahlawanan tidaklah sebanding dengan dedikasi dan pengorbanan jiwa raga yang dilakukan seorang tokoh, minimal dengan melestarikan namanya ke dalam sarana-sarana publik akan semakin mengharumkan tokoh tersebut berserta nilai kepahlawanan itu sendiri.

Acara peresmian dengan acara utama doa syukur dan pembukaan selubung papan nama JL DR R Soeharto tersebut akan dihadiri oleh para perwakilan / pimpinan kantor cabang Klaten dari organisasi-organisasi yang Almarhum DR R Soeharto dirikan, IDI, PKBI dan BNI. (Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *