oleh

Klaten Jadi Tuan Rumah Popda Eks Karesidenan Surakarta 2022

INDONNESIANEWS (Klaten)–Kabupaten Klaten menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat eks Karesidenan Surakarta tahun 2022.

Sebanyak tujuh cabang olahraga dipertandingkan pada pesta olahraga antar pelajar ini. Tujuh cabang olahraga tersebut adalah sepak bola, sepak takraw, taekwondo, bola basket, bola voli dan voli pasir, pencak silat, dan karate.

Sebanyak 7 cabor dipertandingkan pada pesta olahraga antar pelajar ini. Yakni sepak bola, sepak takraw, taekwondo, bola basket, bola voli dan voli pasir, pencak silat, dan karate. (Foto Diskominfo Klaten)

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Klaten, Isnanto Hadi mengatakan selain tujuh cabang olahraga tersebut, terdapat dua cabang olahraga eksebisi yang turut dipertandingkan pada Popda 2022, yakni futsal dan bola keranjang.
“Berbeda dengan tahun 2021 yang hanya dipertandingkan tiga cabor, di tahun ini sesuai arahan dari Pemprov Jateng, ada tujuh cabor yang dipertandingkan dan dua cabor eksebisi. Kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin melandai,” ungkapnya Selasa (24/3/2022).

Adapun pelaksanaan Popda tingkat eks Karesidenan Surakarta ini berlangsung mulai 23 Mei hingga 29 Mei mendatang. Menurutnya pelaksanaan pertandingan digelar di beberapa vanue yang telah disiapkan, antara lain cabor sepak bola di Stadion Trikoyo, sepak takraw di GOR SMAN 3 Klaten, taekwondo-pencak silat-karate di GOR Saroga KONI Klaten, bola basket di GOR SMKN 1 Klaten, bola voli di GOR Desa Geneng Kecamatan Prambanan.

“Sementara untuk voli pasir digelar di Kota Surakarta dan futsal di Kabupaten Boyolali,” paparnya.

Isnanto menjelaskan pemecahan vanue Popda ini dikarenakan GOR Gelarsena masih difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat tingkat Kabupaten Klaten. Kendati demikian, vanue yang digunakan telah dipersiapkan semaksimal mungkin.
“Kami berharap pada pelaksanaan Popda selanjutnya dengan Klaten sebagai tuan rumah, dapat digelar secara terpusat sehingga memudahkan peserta dan official,” katanya.

Sepak bola menjadi Salah satu Cabor yang di Pertandingkan dalam Popda Tingkat eks Karesidenan Surakarta 23-29 Mei 2022 di Klaten. (Foto Diskominfo Klaten)

Lebih lanjut, ia menyampaikan total atlet yang bertanding sebanyak 712 atlet perwakilan dari tujuh kabupaten/kota se eks Karesidenan Surakarta. Sementara kontingen Klaten sendiri menerjunkan 125 atlet yang bertanding hampir semua cabor dan nomor.
“Kecuali voli pasir, karena selain vanue yang belum ada, potensi juga belum terlihat.

Sementara ini atlet lebih difokuskan untuk cabor bola voli, baik di nomor putra maupun putri,” katanya. (Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *