oleh

Petani di Klaten manfaatkan Drone Semprot Hama Wereng Coklat

INDONNESIANEWS (Klaten)–Petani di Desa Barepan Kecamatan Cawas Klaten memanfaatkan teknologi drone untuk menyemprot hama wereng coklat yang menyerang ratusan hektar tanaman padi di desa setempat.

Penyemprotan pakai drone ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Barepan kerjasama dengan kelompok tani yang diadakan pada Kamis pagi (19/5/2022) dengan sasaran 20 hektare (ha) sawah.

Kepala Desa Barepan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasi Kesra) Desa Barepan Tri Isworo Rini menuturkan penyemprotan hama  melalui udara dengan menggunakan drone dinilai cukup efektif karena dapat menjangkau area pesawahan yang cukup luas.

Petani di Klaten manfaatkan Drone untuk menyemprot Hama Wereng Coklat (Foto Ist)

“Sasaran penyemprotan hama wereng ini sebagai pilots project menyasar 20 hektare sawah yang ditanami padi. Drone ini swadaya dari petani dan obat disediakan oleh kelompok tani,”ujarnya.

Lanjutnya, pemakaian drone itu dinilai jauh lebih efektif dan sangat irit, namun inovasi itu baru pertama kali diterapkan oleh petani Desa Barepan. Para petani pun sangat antusias mengikuti penyemprotan tanaman padi secara serentak. Penyemprotan di lahan 20 hektare cukup dilakukan dalam tempo singkat dengan biaya relatif murah.

“Kami berharap penggunaan drone itu bisa lebih maksimal lagi terutama di mengatasi hama wereng yang merebak ini dengan harapan nantinya hasil panen padi petani lebih baik, “pungkasnya. (Oe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *